RESUME KEWIRAUSAHAAN
Hal : 54 sd 62
Mata Pelajaran :
Kewirausahaan
Kelas/Jurusan : XII
Akuntansi 2
Sekolah :
SMK N 03 Pontianak
Nama :
Annisa Chairani Siregar
Google/Blog : Anisa.smk3@gmail.com
A. Resume
3. Strategi
Pemetaan Produk
Pada
umumnya suatu perusahaan terlebih dahulu akan melakukan pemetaan posisi
perusahaan terhadap pasar, khususnya terhadap pesaing yang paling potensial.
Banyak wirausaha yang sulit berkembang karena tidak
mengetahui pesaing usaha paling potensial yang harus dihadapi. Kebanyakan dari
mereka hanya berkonsentrasi pada tingkatan masing-masing agar dapat lolos dari
ketatnya persaingan pasar, karena itu sebelum menjalankan usahanya, sebaiknya
wirausaha membuat hierarki pemetaan produk.
4. Strategi Pemetaan Kualitas dan Harga Pasar untuk
Mengetahui Posisi Produk di Pasar
Konsep pemetaan kualitas dan harga antara
produk-produk di pasar adalah dengan membandingkan kualitas produk dengan
harga. Konsep pemetaan ini disebut Value Based Pricing.
5. Mengetahui Teori Permintaan dan Penawaran (Supply and
Demand Theory)
Merkanisme harga di pasar adalah proses
yang terjadi karena adanya tarik-menarik antara konsumen yang ingin memiliki
suatu produk yang ditawarkan produsen dengan harga yang membuat semua pihak
merasa terpuaskan. Harga barang akan naik jika permintaan barang dari konsumen
lebih besar dari barang yang ditawarkan oleh perusahaan di pasar. Begitu pula
sebaliknya. Itulah yang disebut dengan mekanisme harga yang dipengaruhi oleh
perilaku konsumen.
a. Perilaku
konsumen dan permintaan suatu produk di
pasar
Perilaku konsumen terhadap suatu barang akan menimbulkan
permintaan di pasar. Hal ini yang menjadi dasar dari Hukum Permintaan yaitu,
bila harga barang akan naik, maka jumlah barang yang diminta akan menurun,
begitu pula sebaliknya.
b. Mekanisme
Harga di Pasar
Telah kita ketahui bahwa keseimbangan pasar akan terjadi
apabila jumlah barang yang diproduksi sama dengan jumlah permintaan dari
konsumen untuk mencapai kepuasannya dengan harga tertentu. Untuk itulah, di
dalam pasar akan terjadi pertemuan antara kurva permintaan dengan kurva
penawaran yang akan teercapai titik keseimbangan.
6. Mengenal
Perilaku Konsumen dalam Menentukan Strategi Pemasaran dan Promosi
Tidaklah mudah untuk mengenal perilaku konsumen. Pemasar perlu
mempelajari keinginan, persepsi, dan perilaku konsumen yang sebenarnya dalam
membeli produk yang dibutuhkannya.
a. Faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen
1) Faktor
budaya
Faktor ini sangat mendasar dalam menentukan perilaku
pembelian. Contohnya, bangsa indonesia gemar daging sapi, berbeda dengan bangsa
India yang mayoritas melarang untuk memakan daging sapi.
2) Kelas
sosial
Kelas sosial menentukan perilaku pembelian masyarakat,
di mana anggota kelas dibesarkan dengan sistem, tata kerama, karakter dan gaya
yang berbeda.
3) Keluarga
Keluarga juga dapat mempengaruhi perilaku pembelian
seseorang
4) Usia
dan tahap siklus hidup
Perilaku belanja seseorang konsumen berusia muda akan
berbeda dengan konsumen berusia tua.
5) Jenis
pekerjaan
Jenis pekerjaan juga mempengaruhi perilaku pembelian.
Soal :
1.
Bagaimana cara strategi pemetaan kualitas dan
harga pasar untuk mengetahui posisi produk di pasar ?
2.
Apa yang dimaksud dengan mekanisme harga di
pasar ?
3.
Sebutkan Hukum Permintaan !
4.
Jelaskan tentang Perilaku konsumen dan
permintaan suatu produk di pasar !
5.
Sebutkan contoh dari faktor budaya !
6.
Sebutkan faktopr-faktor yang mempengaruhi
konsumen !
7.
Apa saja yang perlu dipelajari oleh seorang
pemasar ?
8.
Jelaskan tentang mekanisme harga di pasar !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar